Air limbah merupakan salah satu masalah lingkungan yang ada di sekitar kita. Keberadaannya, menyebabkan selokan/kali/sungai di lingkungan sekitar menjadi kotor dan berbau. Air limbah yang berasal dari kegiatan mencuci, mandi dari kamar mandi, biasa disebut dengan “greywater” merupakan salah satu jenis air limbah yang muncul di wilayah pemukiman/tempat tinggal.

Di UGM, terdapat beberapa asrama tempat tinggal mahasiswa, salah satunya adalah Bulaksumur Residence. Pada akhir tahun 2019, sistem pengolahan air limbah dipasang di Bulaksumur Residence dalam skema kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, sebagai satu percontohan applikasi hasil penelitian yang telah dikembangkan di Fakultas Teknik UGM. Saat ini, sistem pengolahan air ini secara kontinyu mengolah air limbah dari kamar mandi sebelum dapat dibuang ke selokan dan kali Belik. Hasilnya, tentu saja jauh lebih baik dan lebih bersih.

Penelitian lebih lanjut juga sedang dilakukan saat ini, untuk mengevaluasi lebih dalam unjuk kerja dari Magic Tank Treatment ini. Di sinilah, harapan kita, sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat diterapkan. Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan selaras untuk membawa kemanfaatan nyata di kehidupan lingkungan sekitar kita.

Leave a comment

Your email address will not be published.