Dalam kegiatan UGM-UTP Student Mobility Program 2018, 25 orang mahasiswa dari Universiti Teknologi Petronas datang ke UGM untuk mengikuti berbagai kegiatan, termasuk pengabdian kepada masyarakat, short courses, dan juga project site visits. Pada kesempatan ini, installasi membran untuk menyediakan air bersih di instal di Prambanan.

Bagaimana cara kerja membran ini? Membran yang digunakan dalam kegiatan ini adalah membran ultrafiltrasi yang dapat memisahkan air dengan kotoran lainnya, untuk menghasilkan air yang bersih.

Bergantung pada jenis membran yang digunakan, tingkat pemisahan bisa bervariasi. Membran yang baik dapat memisahkan 100%, namun kenyataannya pemisahan yang kurang sempurna menyebabkan kualitas air yang berbeda.

Untuk ini, pada umumnya membran ultrafiltrasi untuk menyediakan air bersih perlu diikuti dengan proses lain, misalnya disinfeksi.

Untuk kebutuhan yang lebih tinggi, membran nanofiltrasi maupun reverse osmosis juga dapat digunakan. Dengan membran yang lebih “rapat” ini, didapatkan air yang lebih murni.